KAB. DOMPU DAPAT JATAH KULIAH UMUM OLEH WAMEN DEPDIKBUD RI

Dompu – Menjelang penerapan kurikulum 2013 Juni mendatang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai melakukan sosialisasi dibeberapa daerah di Indonesia termasuk Kab. Dompu kemarin (13/1). Wamen bertatap muka langsug dengan para ribuan guru yang hadir di gedung Samakai pada minggu pagi.

    Dalam acara tersebut di dampingi oleh  Bupati Dompu H. Bambang, M. Yasin beserta seluruh jajarannya, hadir juga Kadis Dikpora NTB, H Lalu Syafi,i beserta direktur LPMP Mataram, Jajaran Dikpora se-Kabupaten Dompu dan  Kakankemenag Kab. Dompu Drs. Syamsul H. Ilyas, M.Si. Kedatangan Wamen Dikbud Prof. DR. Ir. Musliar, Kasim M.S itu untuk bertatap muka langsung dengan para guru yang ada di Kab. Dompu terkait soalisasi penerapan kurikulum 2013 yang akan segera dilaksanakan serentak seluruh Indonesia pada pertengahan tahun 2013 atau tepatnya pada bulan juli mendatang pada saat pergantian tahun ajaran baru.

   Dalam sambutannya dia memaparkan mekanisme dan tata cara pelaksanaan kurikulum 2013 di hadapan ribuan guru yang membludak di gedung Samakai Dompu, inti yang paling utama adalah bertujuan untuk memaparkan informasi mengenai konsep dasar dari kurikulum 2013. Dia menjelaskan, konsep dasar dari kurikulum baru tersebut, yaitu memperkuat kompetensi yang berbasis sikap(attitude), keterampilan (skill), dan pengetahuan (knowledge) dalam rangka menjawab tantangan masa depan. Dalam penerapan kurikulum 2013 katanya “guru akan mendapatkan pelatihan dari tiap-tiap sekolah, dan guru mendapatkan buku panduan jadi guru tidak lagi repot untuk membuat silabus dan rpp karena guru tinggal berimprovisasi sesuai dengan konteks lokal  juga tata kelola.  Kementerian sudah pula memikirkan tata kelola ditingkat satuan pendidikan. Karena tata kelola dengan kurikulum 2013 pun akan berubah.  Sebagai misal, administrasi buku rapor. Tentu karena empat standar dalam kurikulum 2013 mengalami perubahan, maka buku raport pun harus berubah”

      “Sosialisasi ini sebatas membeberkan informasi tentang konsep dari kurikulum 2013 seperti apa. Setelah itu kita tunjukkan masih ada fase-fase berikutnya seperti fase pelatihan. Ya memang belum disiapkan, tapi setidaknya publik tahu akan ada kurikulum baru,” tutur wamen pada kuliah umum di gedung Samakai Kab. Dompu, pada akhir pekan kemarin (13/01).

      Mengenai mekanisme pelatihan guru, lanjut Wamen, Kemendikbud akan segera melakukan pelatihan nasional kepada para pendidik yang disebut dengan master teacher pada Maret mendatang. Selanjutnya pada Mei, para master teacher ini akan turun ke daerah kabupaten/kota dan kecamatan untuk melatih guru-guru inti di tiap-tiap sekolah.

    Untuk waktu pelatihan, tambah Wamen, master teacher akan diberikan pelatihan yang lebih lama daripada guru-guru inti di sekolah. “Lama waktunya 60 jam pelatihan untuk para guru di daerah. Sedangkan untuk master teacher lebih lama karena yang di atas master teacher harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi daripada yang di bawah guru di daerah,” ungkapnya. (Mr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s