SELAYANG PANDANG MAN KANDAI DUA DOMPU

Madrasah Aliyah Negeri Kandai II Dompu awalnya bernama Madrasah Aliyah Ar-Rahmah (MAA) di bawah Yayasan Ar-Rahmah yang berdiri pada tahun 1977. Dalam perkembangan selanjutnya, MAA ini mendapat perhatian pemerintah, maka diminta kepada Yayasan Ar-Rahmah untuk berjuang agar status madrasah tersebut naik menjadi negeri.
Madrasah Aliyah Ar-Rahmah (MAA) dibawah kepemimpinan Abd. Majid H.Djamaluddin, BA sebagai kepala MAA pertama berusaha untuk tetap eksis dengan upaya-upaya promosi yang cukup intens. Upaya-upaya untuk menghidupkan madrasah ini tidak hanya lewat masyarakat tetapi juga kepada pemerintah termasuk melalui lembaga legislatif.
Kehadiran Abd. Majid H.Djamaluddin, BA di kursi dewan memberikan peluang baginya untuk memperjuangkan MAA ini berubah status. Dengan adanya negosiasi dan upaya-upaya yang maksimal dari tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama Kabupaten Dompu maka pada awal tahun 1980-an Madrasah Aliyah Ar-Rahmah (MAA) berubah status menjadi madrasah kelas jauh dari MAN Bima dengan nama Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bima Fillial Dompu.
Dengan adanya perubahan status MAA ke MAN Bima Fillial Dompu ini memberi peluang kepada Yayasan Ar-Rahmah untuk membangun lembaga pendidikan baru, sehingga berdirilah Sekolah Menengah Atas (SMA) Ar-Rahmah. Dengan munculnya SMA ini, maka dua lembaga pendidikan menengah berdiri dalam satu kompleks yakni di jalan Kakatua Bali Bunga Kel. Kandai II Dompu. Jadi enam local ruang belajar dengan satu kantor dibagi menjadi dua, Tiga lokal untuk SMA Ar-Rahmah dan 3 lokal untuk MAN Bima Fillial Dompu. Demikian juga satu kantor tata usaha yang semula hanya satu milik MAA dibagi jadi dua masing-masing untuk kantor TU SMA Ar-Rahmah dan kantor TU MAN Bima Fillial Dompu.
Dengan demikian telah berdiri dua lembaga pendidikan menengah atas di Jalan Kakatua Balibunga Kandai II kala itu yakni; MAN Bima Fillial Dompu yang dipimpin oleh Alwi M.Saleh, BA dan Sekolah Menengah Atas ( SMA) Ar –Rahmah yang dipimpin oleh H.Salman Faris, BA.
Perpindahan Madrasah ini ke lokasi barunya seiring dengan adanyya perubahan status dari madrasah fillial menjadi madrasah negeri dengan nama MAN Kandai II Dompu menempati lokasi baru pada Juni 1991 bersama dengan MTsN, dan MIN Kandai II Dompu. Dan MAN Kandai II Dompu resmi menjadi madrasah negeri sesuai SK Menteri Agama RI No. 137 tahun1991 tanggal 11 Juni 1991. Dengan keluarnya SK tersebut, maka pada tanggal 11 Nopember 1991 tiga madrasah MAN, MTsN dan MIN yang berdiri satu lokasi di jalan Imam Bonjol resmi didefinitifkan sebagai madrasah negeri.
Perubahan status yang dimiliki MAN ini membuat pemerintah dalam hal ini Departemen Agama untuk mengangkat pemimpin baru di MAN Kandai II Dompu. Dan sejak tahun 1991 itu, MAN Kandai II Dompu dinahkodai oleh Drs. Burhanuddin MS (1991-1995), Drs. Dahlan HAR (19995-2001), Drs. Hisam HM. Natsir (2001-2009), Drs. Mokh. Nasuhi (2009-2010), H. M. Nur H. Ibrahim, S. Ag (2010-2012), dan Drs. H. Hasaruddin, M. Pd (2013- sekarang).
B. VISI DAN MISI
Tantangan masa depan seperti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta globalisasai di segala sisi kehidupan menjadikan madrasah merespon tantangan tersebut sekaligus menangkap sebagai peluang untuk memajukan anak didik agar mampu beradaptasi dalam perkembangan global, bersaing dalam dinamika masyarakat yang demokratis, berkeadilan dan mengedepankan law enforcement; dengan tetap mengedepankan cara-cara mencerahkan serta akhlakul karimah (bil hikmah wa mau’idlotil hasanah) dan selalu membawa nafas islami dalam segala aktivitas. Untuk itu MAN Kandai II mengembangkan Visi dan Misi sebagai berikut :
VISI , MISI DAN TUJUAN MADRASAH
1. VISI
Berakhlaq Mulia, Unggul dan Berprestasi Indikator Visi (1) Mingkatnya perilaku Sumber Daya Manusia yang islami, (2) Terwujudnya lingkungan madrasah yang islami, (3) Terwujudnya penguasaan bahasa Arab dan Inggris dilingkungan madrasah, (4) Terlaksananya proses belajar mengajar dalam bahasa Arab dan Inggris, (5) Terwujudnya Rencana Induk Pengembangan sarana dan prasarana Pendidikan, (6) Terimplementasinya penguasaan Teknologi komunikasi dan Informasi, (7) eningkatnya prestasi akademik dan non akademik, (8) Meningkatnya pengembangan kurikulum / Standar Isi, (9) Terwujudnya pelaksanaan Manajemen Berbasis Madrasah dan peningkatan mutu kelembagaan.
2. MISI
(1) Mingkatnya perilaku Sumber Daya Manusia yang Islami, (2) Mewujudnya lingkungan madrasah yang islami, (3) Merwujudnya penguasaan bahasa Inggris dan Bahasa Arab dilingkungan madrasah, (4) Melaksanakana proses belajar mengajar dalam bahasa Arab dan Inggris, (5) Mewujudkan Rencana Induk Pengembangan sarana dan prasarana Pendidikan (6) Mengimplementasikan penguasaan ICT, (7) Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik, (8) Meningkatkan pengembangan kurikulum / Standar Isi, (9) Mewujudkan pelaksanaan Manajemen Berbasis Madrasah dan peningkatan mutu kelembagaan.
3. TUJUAN
Menciptakan civitas akademika yang berakhlaq mulai, unggul dan berprestasi. Jadi tujuan Madrasah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Tujuan pengembangan ciri khas Agama Islam pada Madrasah Aliyah Negeri Kandai II Dompu adalah memberikan landasan Islami yang kokoh agar peserta didik memiliki kepribadian yang kuat dilandasi oleh nilai-nilai keislaman bagi perkembangan kehidupan selanjutnya.
4. PANCA PRESTASI MADRASAH
1. Prestasi Ahlaq Mulia
2. Prestasi Keagamaan
3. Prestasi Sains dan Teknologi
4. Prestasi Bahasa dan Budaya
5. Prestasi Olah Raga dan Seni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s