UJIAN NASIONAL 2013 SEGERA DI GELAR

Walaupun pelaksanaan ujian nasional masih perlu terus diperbaiki/disempurnakan pemerintah tetap akan mempertahankan pelaksanaan UN karena UN merupakan alat ukur untuk pencapaian kompetensi lulusan pendidikan secara Nasional pada mata pelajaran tertentu. Sedangkan hasil UN sangat penting sekali untuk digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam pemetaan mutu satuan/jenjang pendidikan, seleksi masuk, penentuan kelulusan, dan akreditasi suatu pendidikan. Yang tak kalah pentingnya, untuk pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.

    Pada prinsipnya aturan UN tahun 2013 masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu standarisasi nilai kelulusan tetap berkisar pada angka rerata nilai minimum 5,5 yang merupakan nilai akhir rata-rata siswa dari kombinasi nilai UN dan nilai rapor dengan porsi 60:40, persamaan lainnya kisi-kisi UN mengacu ke SK-KD (Standar isi),  Persamaan berikutnya yaitu mata pelajaran yang akan diujikan untuk SMPMTs, SMPLB masih tetap 3 mata pelajaran meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. Untuk SMA, dan MA prodi IPA meliputi Bahasa dan Sastra Indonesia/Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. Untuk SMA dan MA prodi IPS meliputi Bahasa dan Sastra Indonesia Bahasa Inggris, dan Ekonomi. Untuk SMA dan MA prodi Bahasa meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Asing lainnya. Untuk MA prodi Agama meliputi Ilmu tafsir, Ilmu hadist,           dan Fiqhi. Sedangkan untuk SMK masih sama juga meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan kompetensi keahlian.

   Persamaan lain adalah UN Utama hanya dilaksanakan satu kali dan tidak ada ujian ulang. yang ada hanya UN susulan bagi peserta didik yang karena alasan tertentu dan disertai bukti yang sah tidak dapat mengikuti UN utama. UN susulan dilaksanakan satu minggu setelah UN utama. Sedangkan ujian kompetensi keahlian bagi siswa SMK dilaksanakan sebelum UN utama.

   Dari segi pengawasan juga masih sama. Pengawasan diruang ujian dilakukan oleh tim pengawas UN dengan sistem silang murni antar sekolah/madrasah, tim pengawas masih ditetapkan oleh sekolah/sub rayon.

  Sedangkan untuk pemantauan pemerintah tetap mempercayakannya pada Tim Pemantau Independen (TPI) seperti dilakukan pada UN tahun 2012. TPI terdiri dari para dosen setempat yang tugasnya meliputi: memantau penerimaan dan penyimpanan soal, pelaksanaan pengawas UN, pengumpulan lembar jawaban, pengiriman lembar jawaban, ke penyelenggara UN Kabupaten/Kota. Namum perbedaan yang paling mendasar yaitu jumlah variasi soal jika tahun 2012 hanya lima bentuk paket soal sementara pada tahun ini pemerintah menaikan jumlah paket soal sejumlah 20 paket soal dengan tingkat kesulitan berbed, dan  perbedaan lain adalah penggandaan soal UN 2012 terpusat sementara UN 2013 terpusat namun security priting. Kemudian Hasil UN SMA/MA/SMK Tahun 2012 hanya dipakai untuk melihat hasil belajar siswa/mengukur/memetakan hasil belajar siswa, namun mulai tahun 2013 akan dapat dipakai seleksi masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur undangan. Tentunya hasil UN akan digabung dengan nilai laporan hasil belajar siswa (nilai raport).

    Jika Hasil UN SMA/MA/SMK dapat dipakai seleksi masuk PTN, maka soal UN pun akan berbeda (karena soal UN yang sudah dilaksanakan soal-soalnya mengacu pada SKL yang bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa selama di SMA), untuk soal UN tahun ini bisa jadi soal-soalnya akan sedikit membebani siswa karena ada dua hal, pertama soal-soal yang berisi mengukur keberhasilan selama belajar di SMA dan yang kedua soal-soal untuk mengatahui potensi akademik dan keberhasilan calon mahasiswa selama kuliah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s