Gaji Guru Honorarium Kab. Dompu Terhambat

Dompu TM. Sejumlah program dan agenda pendidikan terhambat oleh pencairan anggaran sektor pendidikan yang lamban. Bahkan salah satu akibatnya, guru-guru madrasah belum menerima gaji selama empat bulan.
Ketua Umum PGRI Kab. Dompu mengungkapkan, sampai saat ini masih ada dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk SMP dan dana subsidi untuk SMA yang belum cair, khususnya di lingkungan Kementerian Agama. Hal tersebut menyebabkan proses pembelajaran tersendat dan hak-hak guru tak terpenuhi.
“Di madrasah, BOS tidak hanya untuk operasional tapi juga untuk menggaji guru. Para guru sudah empat bulan tidak gajian,” ujar Muh Irhamsyah, kemarin.
Menurutnya, hal tersebut akan menjadi permasalahan. Sebab, madrasah ibtidaiyah (MI) dan madrasah tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) tidak diperkenankan memungut biaya dari pihak lain. Artinya, sumber dana mereka hanya berasal dari BOS dan Subsidi dari Pemerintah.
Terpisah, Kepala dikpora Kab. Dompu mengakui, hingga saat ini masih ada sejumlah pos anggaran pendidikan yang terlambat, terutama anggaran yang langsung ditangani oleh Kemdikbud.
Keterlambatan membayar gaji GTT ini karena belum dicairkan dana alokasi khusus pendidikan di kab. dompu seluruh Madrasah mendapat jatah dana subsidi dari pemerintah.
Saat di konfirmasi keala dinas dikpora kemarin pada saat mengahadiri acara istigasha di MAN Kandai II Dompu mengatakan keterlambatan membayar dana subsidi untuk tiap sekolah oleh karena belum diadakan rapat yang membahasa DAK pendidikan. lanjutnya dalam waktu dekat akan kami bahas dana yang berkaitan dengan pendidikan tersebut. ujarnya
Menurutnya, sisi lain akibat keterlambatan pembayaran, menyebabkan terganggunya konsentrasi guru, khususnya GTT dalam mengajar. Apalagi para guru telah disibukkan dengan ujian nasional.
“Ini bisa menurunnya motivasi para guru, sementara quality output siswa sangat ditentukan oleh guru. Dan kami tidak mau hal ini akan mempengaruhi proses persiapan ujian akhir dan ujian nasional nantinya,” tegasnya seraya mengharapkan dinas terkait segera memperioritaskan pembayaran.
Kepala MAN Kandai II Dompu saat di konfirmasi mengatakan keterlambatan gaji guru GTT menjadi tanggung jawab saya dan kami telah berusaha melobi pihak terkait dalam hal ini Bupati Dompu melalaui bawahannya kepala Dinas dikpora agar segera mencairkan Dana Alokasi Khusus Pendidikan karena jumlah guru GTT yang bekerja di seluruh madrasah Kab. Dompu cukup banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s