Tanamkan Anak Untuk Gemar Membaca

“A reader lives a thousand lives before he dies, said Jojen. The man who never reads lives only one.”
George R.R. Martin, A Dance With Dragons

Harta apakah yang lebih berharga di dunia ini daripada kehidupan itu sendiri? Dan jika setiap kali membaca kita hidup dalam kehidupan baru, perjuangan baru, pengetahuan baru, kenyataan baru, fantasi baru, dan berbagai unsur kehidupan yang selalu baru, akankah kita rela untuk melewatkanya begitu saja? Selalu saja ada hal baru meski yang dibaca adalah sesuatu yang ‘lama’. Dengan membaca kehidupan semakin kaya. Dengan membaca kehidupan semakin luas. Lembar demi lembar adalah bentangan bumi, larik demi larik adalah barisan samudra. Sungguh tidak ada satu kerugianpun untuk membaca.
Mari kita membangun ruang untuk memperkenalkan budaya membaca pada anak-anak. Anak merupakan investasi paling berharga dalam kelangsungan kehidupan ini. Anak adalah harapan untuk keberlangsungan kehidupan yang jauh lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan membangun minat baca anak sejak dini. Dengan membaca anak akan tumbuh menjadi generasi yang cerdas dan berwawasan luas.
Aktivitas yang menyenangkan saat membaca adalah syarat mutlak agar anak tumbuh menjadi generasi cinta baca. Berprinsip pada hal tersebut, anak usia dini lebih banyak melakukan segala sesuatu sesuai nalurinya. Mereka lebih menyukai  kegiatan yang menyenangkan, ceria dan identik dengan berbagai permainan. Untuk itu, mari jadikan kegiatan membaca menjadi kegiatan yang membuat mereka senang dan gembira sehingga ringanlah mereka untuk membudayakan baca.
Sebuah kegiatan sederhana memang, namun percayakah Anda bahwa hal yang besar tidak akan pernah ada tanpa hal-hal sederhana? Minat baca maupun budaya membaca tidak akan tumbuh begitu saja. Sebagai orang tua yang peduli akan masa depan anak hendaknya menyediakan waktu dan perhatian. Luangkan beberapa waktu, duduk dengan anak-anak tercinta untuk membaca bersama. Ciptakan suasana membaca yang membuat anak ingin mengulanginya selalu di setiap waktu. Mengajari anak gemar membaca sama halnya menyediakan kehidupan yang lebih luas untuk dijelajahi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s